Senin, 30 November 2009

reog ponorogo

Seperti artikel sebelumnya,kalian pasti tau yang namanya ponorogo kan??? ponorogo adalah kota yang terletak di prof. jatim tentunya di pulau jawa Indonesia.


berikut ini gambar dari google maps mengenai lokasi kota ponorogoSeperti artikel sebelumnya,kalian pasti tau yang namanya ponorogo kan??? ponorogo adalah kota yang terletak di prof. jatim tentunya di pulau jawa Indonesia.




berikut ini gambar dari google maps mengenai lokasi kota ponorogo

kota ini merupakan kota yang berbudaya dan beradat jawa, pernah denger reyog??? ya.. kesenian itu merupakan kesenian asli kota ini..


reyog merupakan kesenian asli ponorogo indonesia yang menujukan bahwa kesenian indonesia masih selalu berbau mistis yang konon katanya untuk menghormati leluhur.. saya rasa sih memang benar, sebab mengapa?? kalian pasti tau kan? apa yang namanya hak cipta, dan pasti jika ciptaan anda dirusak orang lain pasti anda marah... ya munkin itu yang dimaksut, untuk menghormati hakcipta yang menciptakan kesenian tersebut maka harus tetap dengan cara yang benar agar orang yang menciptakan kesenian tersebut tidak marah...

sayangnya seiring waktu, jaman sudah modern.. anak sekarang sudah tak lagi percaya ama yang namanya jin setan atau dukun.. karena lebih hebat internet!!itulah mengapa kesenian ini kurang peminatnya... bahkan terkadang di bilang jadul, atau mungkin juga gengsi... dulu saat saya masih yaa.. sd lah!! di tempat saya tiap ada acara agama pasti ada kesenian ini, saat itu ya.. keliling keling lah!! seperti karnafal gitu!! namun sekarang sudah jarang dilakukan, maklum orang yang biasa ngelakuin udah pada tua.. nggak kuat, dan yang muda-muda males, soalnya kayunya bau jigong bekas orang tua "hehehe". munkin kita harus merubah kesenian kita kali ya??? ya tidak semuanya, kita agak jauhkan saja dari bau-bau mitis itu... ya biar nggak terkesan serem lah!!! untuk gaya tarian sih kaya' nya nggak usah soalnya uda bagus, mungkin baju.. jangan item melulu kan bosan!! ya, yang penting bisa indah dan di terima masyarakat banyak lah!!!


selain reyog di jawa juga ada yang namanya budaya grebeg suro, acara ini yaa.. seperti pesta, dilaksanakan pada tanggal jawa 1 suro.. akalu tidak salah merupakan tanggal tahun baru islam.. acara ini di peringati sebagai salah satu acara rasa sukur terhadap tuhan yang maha esa, atas limpahan rejekinya selama satu tahun... kata nenek saya sih dulu sebelum agama islam masuk acara ini menggunakan sesuatu yang melanggar agama seperti jampi-jampi atao apa gitu!! terus setelah agama islam datang jampi-jampi tersebut di ganti dengan do'a sebagai rasa syukur kepada tuhan.. bisa dilihat acarnya di alun-alun kota ponorogo besok pada tanggal 1 suro..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar